Resep Jangan Gelo/ Sayur Gelo Khas Indramayu

Kamu pernah ke Indramayu? Pernah nyobain makanannya? Indramayu ga cuma punya kaya akan minyak bumi dan kekayaan alamnya saja. Indramayu mempunyai kuliner yang tidak dipunyai kota lain yang tidak kalah lezat dan bikin kamu kangen seperti kamu kangen ke pacar kamu. Iya kamu. Hehe.

Sebagai warga Indramayu, dulu sih saya ga bangga-bangga amat tinggal di sini. Karena, mungkin dulu ga begitu kenal sama kota kelahiran sendiri kali ya… Tak kenal maka tak sayang (katanya).

Sebagai pecinta makanan enak, saya wajib mengulas atau memposting atau mengulas makanan enak khas indramayu yang satu ini. Karena selama saya cari di pencarian kayaknya sangat sedikit warga Kabupaten Indramayu yang pamer makanan kebanggaan yang satu ini. Padahal menu ini biasa mereka makan sehari-hari.

Kali ini saya mau ngajak anda mencoba memasak ‘jangan gelo (sayur gelo). Baca huruf ‘E’ nya kaya orang baca kata “seperti” ya. Kalau salah bilang, bisa salah arti ya gaes… Hehehe. Rasa sayur gelo ini yang paling dominan adalah asem & pedasnya. Walaupun dominan asam dan pedas, tapi sayur ini benar-benar jauh dari sayur asem. Walaupun ada kunyitnya, sama sekali ga berasa kunyitnya. Asal benar pengolahannya. Dijamin endol deh pokoknya.

Jangan gelo atau sayur talas yang segar dan bisa kamu santap kapanpun. Jangan gelo ini akan lebih nikmat jika disantap bersama grejeg atau peyek ikan asin.

1. ikat daun Gelo atau daun talas
2. Kunyit 1 ruas
4. Bawang merah dan Bawang putih
5. Ketumbar
6. Kacang Tanah
7. Garam
8. Penyedap Rasa (opsional

9. Asam segar (kunci dari jangan/sayur gelo adalah di asamnya. Harus lebih banyak dari memasak sayur asem. bisa 2 kali sampai 3 kali lipat dari kalian bikin


-Cara Memasak
1. Siapkan air di dalam baskom untuk menaruh gelo yang nanti akan di potong. Potong gelo/ talas memanjang, rendam di dalam air yang sudah disiapkan tadi. supaya tidak gatal dilidah…
sayur hijau lainnya.
2. Haluskan kunyit, bawang merah dan bawang putih, kacang tanah dan ketumbar yg sudah disangrai.
Untuk pecinta pedas bisa ditambahkan cabai rawit secukupnya.
3. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bumbu yg sudah dihaluskan terlebih dahulu.. kemudian masulkan juga bahan sayurnya..
Tambahkan garam, gula pasir, penyedap rasa..
Tunggu 10 s/d 15 menit.. Sayur gelo siap disajikan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *